Sabtu, 27 Februari 2010

mahasiswa anarki

Melihat berita TV malam ini, ditayangkan mahasiswa HKBP Nonmensen, Medan, menghancurkan kampusnya sendiri ! Ada juga di detik.com lho.

Apa yang terjadi sebenarnya, saya kurang jelas. Tapi yang jelas, para mahasiswa tersebut membawa pentungan dan menghancurkan kaca-kaca dan jendela kampus tersebut. Itu semua terlihat jelas di TV. Jelas itu tidak bisa dibiarkan. Apapun alasannya, bersikap anarki adalah bukan ciri intelektual. Mestinya itu sudah masuk wilayah pidana. Bagaimana itu, mengapa polisi diam saja. Mana fungsinya sebagai pelindung warganegara. Juga lsm HAM yang gembar-gembor menuntut ditegakkan HAM, ada situasi kayak gitu koq diam saja.

Apa karena alasannya anak-anak muda gitu. Masa depannya masih panjang gitu. Jadi orang-orang tidak berani bertindak, atau takut dituduh melanggar HAM. Bahkan yang bikin kesel terlihat orang-orang yang merusak tersebut dikelilingi wartawan untuk ambil gambar. Jadi tidak ada tindakan pencegahan, bahkan menjadi tontonan. Yah itulah tipe masyarakat kita, hukum tidak berdaya, tapi orang-orang yang merasa tercerahkan masih ngotot agar tetap bersandarkan demokrasi.

Jika masih muda, dan mengaku sebagai mahasiswa, tetapi bertindak anarki seperti itu, saya nggak bisa mbayangin kalau besar apa jadinya. Pasti jadi biangnya anarki. :(

O ya, dengan disiarkannya secara luas, hal-hal anarki tersebut, dan juga tidak ada tindakan tegas dari kepolisian. Maka diyakini hal tersebut dapat menjadi inspirasi orang-orang lain yang sekarang merasa tidak puas untuk melakukan tindakan serupa. Ah, nggak apa-apa koq. Tempo hari kasus serupa khan juga terjadi di Makasar dan Mataram dan ditayangkan oleh TV dengan bangganya. Yah, jaman demokrasi sih. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

music box

Automatic Created Playlist by www.autoplaylist.com
Make Your Own Mp3 & Video Playlist at www.autoplaylist.com